Atlet panjat tebing Indoensia yang ikut berlaga di Climbing Worldcup Series di China

12 Atlet Pelatnas Berlaga di IFSC Climbing Worldcup Series China

Atlet panjat tebing Indoensia yang ikut berlaga di Climbing Worldcup Series di China
Atlet panjat tebing Indoensia yang ikut berlaga di Climbing Worldcup Series di China

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mengirim 12 atlet untuk berlaga di Climbing Worldcup Series 2017 yang digelar International Federation Sport Climbing (IFSC) di China. IFSC Climbing Worldcup Series 2017 ini digelar di Xiamen pada 7-8 Oktober dan Wujiang pada 14-15 Oktober. Kompetisi ini khusus mempertandingkan nomor speed dan lead.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP FPTI Caly Setiawan menjelaskan, target utama mengirim ke-12 atlet tersebut adalah untuk menambah pengalaman atlet pelatnas bertanding di kejuaraan internasional. “Tujuan utama kita di world cup ini adalah untuk menambah jam terbang. Kita fokusnya menang di Asian Games 2018,” kata Caly yang juga Pelatih Kepala Timnas untuk Asian Games 2018 ini, Minggu (8/10).

Caly mengatakan, sebetulnya momen yang paling representatif untuk uji coba kemampuan atlet pada Asian Games adalah pada pertandingan di Iran bulan lalu. Sebab dalam kompetisi tersebut, para peserta yang bertanding adalah atlet yang sama yang juga akan berlaga di Asian Games 2018.

Oleh karena itu, pihaknya tak memasang target khusus pada pertandingan kali ini. Yang terpenting baginya, mental para atlet semakin terlatih. Para atlet juga diharapkan dapat merasakan aspek bertanding lain yang tidak dirasakan saat mereka diberi tekanan tinggi oleh para pelatih.

“Yang sekarang ini bisa naik podium 1 atlet saja, dapat medali ke-6 pun sudah bagus. Saya memang tidak memberikan pressure seperti saat di Iran,” ujarnya.

Atlet Pelatnas yang berlaga di IFSC Climbing Worldcup Series China
Atlet Pelatnas yang berlaga di IFSC Climbing Worldcup Series China

Menurutnya, menyertakan atlet pelatnas pada kejuaraan dunia sangat penting untuk melatih mental dan psikis mereka. Sebab secara kemampuan, atlet-atlet panjat tebing Indonesia tak perlu diragukan lagi. “Bahkan untuk speed, mereka sudah mampu setara dengan world record. Makanya yang penting sekarang mereka bisa menghandel psikologisnya,” tutur Caly.

Berikut ke-12 atlet pelatnas yang mengikuti world cup series di China tersebut:

Putra
1. Sabri
2. Aspar Jaelolo
3. M Hinayah
4. Abudzar Yulianto
5. Rindi Sufriyanto
6. Pangeran Septo

Putri:
1. Aries Susanti Rahayu
2. Puji Lestari
3. Raji’ah Sallsabillah
4. Santi Wellyanti
5. Fitriyani
6. Dhorifatus

Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •