Tim Asian Youth Championship

16 Atlet Siap Berlaga di Asian Youth Championship

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mengirimkan 16 atlet junior untuk berlaga di Asian Youth Championship di Chongqing, China. Kompetisi tahunan ini akan digelar pada 1-4 November 2018 dan diikuti 15 negara se-Asia.

Keenam belas atlet yang akan bertanding adalah Seto, Kiromal Katibin, Rahmad Adi Mulyono, Jasmico Pamumade, I Putu Iwan Putra, Michael Owen, Rizky Samudra, Firdhan Ardhika, Naufal Firgian, Kharisma Ragil, Berthdigna Devi, Dyah Puspaningtyas, Desak Made Rita, Choirul Umi, Sukma Lintang, dan Amanda Narda.

Manager atlet Kuntono Halim menjelaskan, Indonesia akan mengikuti seluruh kategori dan nomor yang dipertandingkan. Yakni kategori junior putra-putri, youth A putra-putri, dan youth B putra-putri. Sedangkan nomor yang dipertandingkan adalah speed, lead, dan boulder.

Mereka adalah atlet-atlet terbaik yang menjuarai Kejurnas Kelompok Umur XIII yang digelar September lalu. Oleh karena itu Kuntono optimistis para atlet ini akan menunjukkan performa terbaik mereka di Asian Youth Championship.

“Kita sudah semaksimal mungkin. Secara kemampuan atlet kita mampu bersaing dengan negara lain di semua kategori. Saya optimis bawa pulang medali,” ujarnya.

Meski demikian Kuntono mengakui para atlet tak punya banyak waktu untuk menyesuaikan iklim di China yang lebih dingin dari Indonesia. Sebagai catatan, suhu udara di lokasi pertandingan mencapai 13 derajat Celcius. Tapi dia yakin kondisi ini tak menghalangi para atlet untuk tetap tampil maksimal.

“Iklim adalah salah satu keuntungan tuan rumah tapi bukan berarti kita tidak bisa bersaing,” ujarnya.

123Shares