Aspar Jaelolo Jadi yang Tercepat di Speed Track Kejurnas XVII

SOLO-Atlet nasional Aspar Jaelolo yang mewakili DKI Jakarta menjadi yang tercepat dalam laga speed track Kejurnas XVII Panjat Tebing 2018 di Solo Sport Climbing Center, Kompleks Stadion Manahan, Solo, Minggu (2/12/2018).

Aspar melaju ke babak final setelah mengungguli lawan-lawannya. Ia bertemu atlet Jogjakarta Argo Satrio Utomo di babak final. Aspar melaju cepat dan menorehkan catatan waktu 6,441 detik, sedangkan Argo 6,670 detik. Dengan hasil ini, Aspar membuktikan ia mampu mempertahankan gelar juara speed track kejurnas. Pada Kejurnas 2017 di Jogjakarta, ia juga mendapatkan emas.

Meski demikian, Aspar mengakui catatan waktu kali ini bukan prestasi terbaiknya. “Rekor saya [di speed track] itu empat detik. Di PON 2016 dan kejurnas 2017 ya hampir empat detik. Tapi, saya tetap senang bisa mendapatkan emas,” ujar dia di venue, Minggu.

Aspar mengakui, ia sudah lama tidak bermain speed track. Terakhir kali, ia menjajal speed track yakni pada Kejurnas 2017 di Jogjakarta. Namun, ia telah menguasai gerakan dasar speed track sehingga tetap bisa menaklukkan wall speed track.

“Gerakan kuncinya saya kan sudah tahu dan bagus. Tinggal mengatur ritmenya sehingga bisa tetap cepat.”

Pada partai final, Aspar beberapa kali terpelest ketika memperebutkan tiket ke perebutan emas. Namun, lantaran sudah menguasai gerakan, Aspar hanya perlu kembali mengatur ritme. Ketika ritme kembali didapat, ia bahkan bisa menyalip lawan yang sempat mendahuluinya.

Sementara, medali perunggu disabet Abudzar Yulianto setelah mengalahkan Hermawan dari Sulawesi Selatan. Abudzar menang dengan catatan waktu 6,47 detik, sedangkan Hermawan fall.

150Shares
Komentar