Media

Ikuti Dinamika Peraturan dan Penyelenggaraan Kompetisi

JOGJAKARTA-Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menggelar rapat kelompok kerja bidang kompetisi di Hotel Tjokro Style, Jogja, 18-21 Juli 2019.

Ketua Bidang Kompetisi PP FPTI Rudy Fitriyano menjelaskan rapat yang digelar membahas tentang peraturan dan penyelenggaraan kompetisi.

“Peraturan dan penyelenggaraan kompetisi di olahraga panjat tebing itu dinamis dan berubah sehingga kita harus mengikuti setiap perubahan. IFSC Rules berkembang dan kita harus ikuti,” ujar dia.

Rudy mengungkapkan perubahan peraturan terjadi di semua disiplin panjat tebing. Baik aturan untuk speed, lead, maupun boulder mengalami perkembangan misalnya dari sisi penilaian. Jika tidak mengikuti perkembangan, maka dunia panjat tebing tidak bisa berkembang.

Baca juga  4 Atlet Melenggang ke Final Speed IFSC Worldcup Chamonix

Ia mengaku perubahan aturan segera diterapkan dalam setiap kompetisi yang akan digelar. Namun, PP FPTI juga sudah memulai menggunakannya agar para pengurus, atlet, pelatih, hingga panitia paham dan terbiasa dengan aturan baru.

“Sebetulnya aturan ini sudah mulai kita gunakan. Tujuannya ya agar semua pengurus FPTI dan panitia penyelenggara mengetahui dan familiar dengan aturan ini. Sehingga ketika diterapkan semuanya sudah tahu,” jelas dia.