Media

Indonesia Bidik Emas Nomor Speed pada Kejuaraan Dunia di Rusia

Para atlet Timnas Panjat Tebing Indonesia saat ini tengah fokus untuk menghadapi kejuaraan dunia IFSC Worldcup di Moscow, Rusia. Kejuaraan yang mempertandingkan nomor speed dan boulder ini akan digelar pada 12-14 April 2019.

Pelatih Timnas Hendra Basyir meminta anak-anak asuhnya untuk tetap mempertahankan prestasi di speed. Dia menargetkan para atlet Timnas masuk final di nomor yang mengandalkan kecepatan tersebut.

“Targetnya mempertahankan keunggulan, fokus di 4 besar speed. Lebih bagus peringkat 1,” kata pria yang akrab disapa Coach Hendra ini, Kamis (11/4).

Tak hanya di speed, nomor boulder juga tetap akan diseriusi. Coach Hendra meminta para atlet tampil semaksimal mungkin sesuai level kemampuan mereka.

Baca juga  Empat Atlet Muda Bersinar di Kualifikasi Speed di Italia

“Kalau kita standarnya memang V7 ya kita tampilin V7-nya kita. Nanti setelah kompetisi kita akan balik (ke Indonesia) kita akan meningkatkan lagi (kemampuan atlet),” ujarnya.

Pelatnas pra-Olimpiade ini baru digelar sejak Februari 2019. Hendra menilai, wajar jika dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan para atlet Indonesia belum bisa menunjukkan kemampuan untuk bersaing dengan atlet papan atas dunia di IFSC Worldcup Meiringen, Swiss, pada 5-6 April lalu.

Justru menurut Hendra, penampilan para atlet Indonesia di Swiss sudah bagus. Mengingat berdasarkan target para pelatih, penampilan atlet Indonesia di nomor boulder berada dua level di bawah atlet-atlet boulder Eropa.

Baca juga  Berprestasi, Atlet Sulteng Raih Penghargaan dari Pemprov Sulteng

“Ya saya pikir kita udah on the track, memang kalau dilihat secara hasil ya result kita di peringkat 100-an tapi secara proses kita sudah on the track. Yang kita perform di Meiringen kemarin sudah sesuai level performance kita,” ujarnya.