Kokorin Jadi Instruktur Tamu Kursus Pelatih Level 1

Pengurus Pusat FPTI menggelar kursus pelatih level 1 di Denpasar, Bali. Kursus ini digelar selama empat hari, Kamis-Minggu (17-20/5/2018). Peserta sebanyak 31 orang terdiri dari 2 perempuan dan 29 laki-laki. Mereka berasal dari 9 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Provinsi Bali.

Pelatih panjat tebing Provinsi Bali, Suhardi, menyebut kursus kali ini terbilang istimewa karena kedatangan tamu dari Rusia. Atlet Rusia Stanislav Kokorin turut mengisi materi kelas yang digelar di Hotel Batu Karo 1, Denpasar. Kokorin berbagi cerita mengenai pola pembinaan dan pelatihan atlet panjat tebing di Rusia.

Sebanyak 31 peserta kursus pelatih level 1 mengikuti materi praktik
Sebanyak 31 peserta kursus pelatih level 1 mengikuti materi praktik

Selain Kokorin, turut menjadi instruktur dalam kursus kali ini adalah pelatih timnas sport climbing Indonesia Hendra Basyir dan Ronald Mamarimbing.

Setelah materi kelas, seluruh peserta kursus pelatih level 1 harus mengikuti praktik di Lapangan Buyung milik FPTI Bali. Mereka harus melakukan pemanjatan speed, lead, dan boulder. “Untuk materi inti hari Sabtu (19/5), soal program pelatihan jangka panjang dan jangka pendek,” kata Suhardi.

Dia menyebut, banyak wajah baru yang menjadi peserta kursus pelatih level 1 kali ini. Mereka terdiri dari mantan atlet, pelatih yang belum bersertifikat, hingga pengurus FPTI di kabupaten/kota. Meski demikian Suhardi optimistis para peserta dapat mengikuti kursus dengan baik. Sehingga pembinaan atlet di masing-masing daerah akan semakin bagus. “Kita cukup antusias dengan mereka (peserta), kita harapkan (ilmu yang diberikan ke atlet di daerah) bisa di-update,” tuturnya. ***

71Shares