Menu Lebaran Atlet Timnas Sport Climbing

JOGJAKARTA–Jika sebagian besar warga menikmati libur lebaran dengan berwisata, lain halnya dengan atlet panjat tebing Indonesia. Para atlet yang tergabung dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) sport climbing Asian Games 2018 wajib berlatih mandiri di sela libur lebaran yang diberikan.

Sejumlah atlet melakukan pull up sebagaii menu wajb latihan
Sejumlah atlet melakukan pull up sebagaii menu wajb latihan

Atlet timnas sport climbing Indonesia Aries Susanti Rahayu rela membangun sarana pull up di belakang rumahnya, di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah demi menjaga kebugaran selama libur lebaran. Fasilitas sederhana dari pipa besi ini ia bangun agar bisa melakukan pull up secara rutin tanpa harus keluar rumah. Dalam sehari, Aries rutin melakukan pull up sebanyak 500 kali.

Sebelumnya, Aries harus pergi ke SD tempat dulu ia mengeyam pendidikan dasar hanya agar bisa pull up. Aries biasa mengendarai sepeda motor menuju SD yang berjarak sekitar dua kilometer dari rumah. “Sama keponakan biar dia juga olahraga,” ungkap Aries menjelaskan teman latihannya, Rabu (13/6/2018).

Nurul Iqomah memperhatikan rekannya yang tengah melakukan pull up
Nurul Iqomah memperhatikan rekannya yang tengah melakukan pull up

Pull up rutin juga dilakukan Nurul Iqomah. Atlet timnas sport climbing Indonesia asal Bima, Nusa Tenggara Barat. Nurul memanfaatkan ventilasi rumah untuk melakukan pull up karena sarana pull up dari bambu yang ia bikin sudah lapuk. “Fungsinya sama, kok. Yang penting niatnya,” terang Nurul.

Ada pun untuk latihan pemanjatan, Nurul cukup terbantu dengan dinding panjat di lapangan Manggemaci (Paruga Na’e) di Kota Bima yang hanya berjarak satu kilometer dari rumahnya.

Pelatih timnas sport climbing Indonesia Hendra Basyir mewajibkan para atletnya untuk melakukan pull up setiap hari selama libur lebaran. “Untuk atlet putra sebanyak 600 kali, sedang untuk atlet putri 500 kali,” terang Hendra.

Pelatih juga mewajibkan latihan mandiri. Latihan ini bisa dilakukan bersama atlet-atlet daerah asal di dinding panjat yang dimiliki Pengcab ataupun Pengprov. Latihan mandiri menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran atlet selama libur lebaran.

Para atlet mendapatkan libur lebaran sejak Kamis (8/6/2018) dan akan kembali ke Jogjakarta untuk mengikuti program pelatnas pada H+2 lebaran, Sabtu (16/6/2018). ***

Share This
  • 110
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    115
    Shares