Rajiah Sallsabillah (kiri) bersama Ketua Yayasan Budi Luhur, Kasih Hanggoro.

Rajiah dan Puji Lestari Terima Beasiswa S2

JAKARTA-Selain bonus uang dan dijanjikan rumah oleh pemerintah, atlet panjat tebing peraih medali di Asian Games 2018 juga mendapatkan beasiswa pendidikan.

Rajiah Sallsabillah mendapat apresiasi khusus dari kampusnya, Universitas Budi Luhur (UBL), Jakarta yakni berupa beasiswa hingga S2. Pihak UBL juga akan menggratiskan biaya kuliah S1 Rajiah. Saat ini perempuan asal Tangerang, Banten, itu masih aktif sebagai mahasiswi di Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi.

“Rajiah Sallsabillah kami beri beasiswa sampai S2 karena level prestasinya dia sudah internasional. Biaya pendidikan S1-nya juga kami gratiskan,” ujar Wakil Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, Kamis (13/9/2018).

 

Rajiah Sallsabillah (kiri) bersama Ketua Yayasan Budi Luhur, Kasih Hanggoro.
Rajiah Sallsabillah (kiri) bersama Ketua Yayasan Budi Luhur, Kasih Hanggoro.

Rajiah diberi kebebasan untuk memilih bidang studi yang akan diambil. Wendi menyebut ada tiga bidang studi S2 di UBL yakni komunikasi, manajemen, dan akuntansi.

Menurut Wendi, setiap tahunnya pihak UBL menyediakan beasiswa bagi para atlet berprestasi. Untuk prestasi di level nasional, mereka dihadiahi beasiswa S1, sedangkan atlet yang berprestasi hingga level internasional diberikan beasiswa S2.

Wendi berharap Rajiah dapat menginspirasi mahasiswa UBL lain dan anak-anak muda di Indonesia untuk terus berprestasi. Dia juga mendoakan agar atlet berusia 19 tahun itu semakin bersinar di dunia panjat tebing

Sementara itu, Rajiah mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari kampus tempatnya menimba ilmu. Bagi mahasiswi yang juga anggota UKM Mahasiswa Komputer Pencinta Alam (Makopala) ini dukungan dari pihak kampus dan masyarakat Indonesia menjadi pelecut untuk terus berprestasi.

 

Puji Lestari dengan Kaprodi Olahraga Rekreasi UNJ Novi Siregar.
Puji Lestari dengan Kaprodi Olahraga Rekreasi UNJ Novi Siregar.

Peraih emas women’s speed relay dan perak women’s speed Asian Games 2018, Puji Lestari juga mendapatkan beasiswa pendidikan S2 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). “Iya betul, alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang S2,” ujar dia.

Puji menjelaskan, beasiswa itu diberikan kepada athlet peraih medali di Asian Games 2018, untuk mahasiswa aktif, dan alumni. Bagai gayung bersambut, keinginan Puji untuk melanjutkan pendidikan pun terwujud.

“Saya bersyukur banget karena memang sudah niat setelah Asian Games ini saya akan melanjutkan S2. Bahkan saya sudah mengalokasikan bonus kemarin untuk lanjut S2. Namun, ternyata dikasih rezeki sama Allah lewat beasiswa ini.”

Ia mengaku tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada Kepala Program Studi yang sudah mendukungnya untuk tetap melanjutkan pendidikan meskipun sambil latihan. Puji memutuskan memilih jurusan Pendidikan Olahraga untuk S2.

“Jadi, prestasi bagus, akademik pun harus bagus, itu ujar beliau. Mudah-mudahan beasiswa tersebut dapat saya manfaatkan sebaik mungkin, kuliah yang benar dan membagikan ilmu yang saya dapat kepada orang-orang di sekeliling saya,” papar dia.

Ketua Umum PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Faisol Riza mengungkapkan, apresiasi di bidang pendidikan merupakan langkah besar di dunia olahraga. “Tentu kami sangat berterima kasih kepada kampus yang telah memberi apresiasi kepada atlet-atlet kami. Ini adalah langkah besar dalam dunia olahraga. Kami harap ini bisa dilakukan di kampus-kampus lain tempat atlet-atlet sport climbing kuliah.”

278Shares
Komentar