Media

Wajah-Wajah Baru Pelatnas Pra-Olimpiade

JOGJAKARTA-Sebanyak 10 atlet masuk dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) panjat tebing untuk seleksi pra-Olimpiade. Lima di antaranya merupakan wajah baru dan lima lainnya merupakan atlet pelatnas Asian Games 2018.

Adapun wajah baru dalam pelatnas kali ini adalah Temi Teli Lasa dari Bali, Fathur Roji dari Jawa Timur (Jatim), Rifaldi Ode Wijaya dari Bali, Salsabila dari Jawa Barat (Jabar), dan Chairul Umi dari Jatim. Kelima atlet itu telah berjuang keras dalam kompetisi untuk mengumpulkan nilai tertinggi sehingga bisa memperebutkan tiket ke pelatnas.

Temi Teli Lasa misalnya. Ia dinobatkan sebagai atlet lead putra terbaik selama 2018. Ia mengumpulkan poin tertinggi dari empat kompetisi nasional panjat tebing selama 2018 yang menjadi penentu peringkat atlet di nomor lead putra.

Ia mengumpulkan total poin 225 dari MOCC 23-27 April, EISCC 08-12 Agustus, SSWCC Muara Enim 4-7 Oktober, dan Kejurnas XVII 27 Nov-2 Desember.

P

Fathur Roji (tengah)

Kemudian, Fathur Roji merupakan atlet asal Jatim yang menjadi peringkat dua atlet boulder putra nasional dengan 300 poin. Sementara Rifaldi Ode Ridjaya dengan 162 poin dan menduduki peringkat tujuh.

 

Rifaldi Ode Ridjaya

Poin itu mereka kumpulkan dari MOCC pada 23-27 April, Walikota Cup 18-21 Juli, ZTC Bali 3-5 Agustus, dan Kejurnas XVII 27 November-2 Desember.

Choirul Umi Cahyaning Ayub merupakan atlet Jawa Timur yang menyandang predikat atlet lead putri terbaik selama 2018. Ia menjadi nomor satu setelah mengumpulkan 285 dari empat kompetisi. Adapun Salsabila merupakan atlet peringkat dua nasional untuk lead putri. Ia mengumpulkan nilai 265 selama 2018.

Poin itu dikumpulkan dari empat kompetisi yang menjadi parameter yakni MOCC 23-27 April, EISCC 08 -12 Agustus, SSWCC Muara Enim 4 -7 Oktober, dan Kejurnas XVII 27 Nov – 2 Desember.

Salsabila (dua kanan)

Semua atlet itu akan mengikuti latihan dan bersaing ketat di pelatnas untuk memperebutkan tiket ke Prancis.

Dari 10 atlet tersebut, terdapat lima atlet yang terjun di Asian Games. Kelima atlet itu yakni Aspar Jaelolo, Alfian M Fajri, Nurul Iqamah, Agustina Sari, dan Aries Susanti Rahayu.

Manajer Timnas Panjat Tebing 2019 Pristiawan Buntoro mengatakan atlet tersebut dipilih karena memiliki potensi. Selain itu, mereka berhak masuk pelatnas lantaran prestasi yang dicapai dan selama 2018. Pelatnas pun dimulai Minggu, 10 Februari 2019.

Komentar