Media

Asian Championship 2019 - Penyerahan Medali dan Closing Ceremony

Indonesia Juara Umum Asian Championship 2019

Pertandingan panjat tebing internasional Asian Championship 2019 telah usai. Indonesia tak hanya sukses menjadi tuan rumah, namun juga berhasil meraih juara umum.

Dalam laga yang digelar 6-10 November di Stadion Pakansari, Bogor, Timnas Indonesia menyabet 5 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu. Selisih perolehan medali ini cukup jauh dengan Jepang yang menduduki peringkat 2.

Jepang meraih 3 medali emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Kemudian berada di posisi 3 ada Korea Selatan yang berhasil meraih 2 medali emas.

Posisi ke-4 ditempati China yang meraih 2 medali perak. Berturut-turut di posisi ke-5 dan 6 ada Kazkhastan dan Chinese Taipei yang sama-sama meraih 2 medali perunggu. Sedangkan 8 negara lainnya harus pulang tanpa medali.

Baca juga  Emas Kedua NTB di Pra-PON Zona 3 dari Nomor Lead Tim Putri

Prestasi Timnas Indonesia kali ini terbilang cukup mengejutkan dan melampaui target. Pasalnya Indonesia yang biasanya hanya dominan di speed, kali ini juga mampu meraih emas di nomor combine, dan membawa medali di nomor lead perorangan putri.

Pelatih Timnas Indonesia Judistiro mengatakan, ia sebetulnya tak memasang target medali di nomor lead, boulder, maupun combine. Mengingat di level Asia, selama ini nomor-nomor tersebut masih dikuasai Jepang dan Korea Selatan.

“Kami bersyukur sekali prestasi anak-anak melebihi ekspektasi. Tidak hanya Nurul yang mendapat emas di combine, namun juga Ragil yang dapat perunggu di lead putri,” ujar Judistiro.

Baca juga  Rebut Emas Speed WR, Veddriq dan Nurul Ulang Kejayaan di Asian Championship

Selain itu, atlet-atet lain yang belum berhasil meraih medali juga tak kalah membanggakan. Mereka banyak yang berhasil melaju hingga babak final, meski tidak masuk 3 besar.

“Seluruh tim senang dengan pencapaian ini. Ini adalah ukiran terbaru dalam raihan kita dan raihan si atlet, semangat 10 November terpancar dalam penampilan anak-anak beberapa hari ini,” imbuh manajer Timnas Panjat Tebing Indinesia M Aziz.