Media

Kejurnas KU XIV 2019 - Tanah Laut - Kalsel (31 Juli 2019)

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Championship 2019

Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi panjat tebing internasional Asian Championship pada 7-10 November 2019. Untuk pertama kalinya, event tahunan ini akan diadakan di Indonesia, tepatnya di Stadion Pakansari, Bogor.

Sekretaris Umum FPTI Sapto Hardiono mengatakan, awalnya Asian Championship 2019 akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang. Mengingat venue panjat tebing Jakabaring pernah sukses digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

Namun karena bencana puting beliung beberapa waktu lalu membuat sejumlah kerusakan di Jakabaring, rencana tersebut urung dilanjutkan. FPTI lantas memutuskan penyelenggaraan Asian Championship digeser ke Stadion Pakansari, Bogor.

Stadion Pakansari dipilih karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota. Venue panjat tebing di Stadion Pakansari juga sudah sesuai standar internasional, khususnya untuk wall speed.

Baca juga  Atlet-atlet Muda Curi Perhatian di Nomor Speed World Record

“Venue di Pakansari, kondisi secara teknis memang sudah oke, hanya kita maniskan dengan pengecatan ulang dan pemasangan roof-nya,” ujar Sapto, Sabtu (21/9).

Ajang Asian Championship 2019 ini akan diikuti sekitar 200 atlet dari 18 negara di Asia. Ada 4 nomor yang akan dipertandingkan yakni speed, speed relay (beregu), lead, dan boulder.

Sapto menyebut, atlet-atlet Pelatnas akan diturunkan dalam ajang tahunan ini. Tradisi sebelumnya, tim Indonesia hampir selalu membawa emas di setiap perhelatan Asian Championship.

FPTI didukung penuh oleh Supersport Sensation International dalam penyelenggaraan Asian Championship 2019 ini. SSS memiliki hak komersial penuh atas penyelenggaraan event bergengsi tersebut.

Baca juga  3 Atlet Timnas Lolos ke Final Kejuaraan Dunia di Xiamen, China

Tak hanya dalam event Asian Championship, kerja sama FPTI dengan SSS akan berlangsung hingga tahun 2023. Harapannya, olahraga panjat tebing di Indonesia bisa dikelola secara profesional dan berkembang pesat. Mengingat sejauh ini para atlet panjat tebing Indonesia telah berhasil menorehkan prestasi yang tinggi di kancah tingkat internasional.