Media

Ketiga Kalinya Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Championship

JAKARTA-Indonesia kembali menjadi tuan rumah event panjat tebing bergengsi yaitu IFSC Asian Championship. Perhelatan kali ini merupakan kali ketiga bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

Wakil Ketua II PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pristiawan Buntoro mengungkapkan Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi panjat tebing internasional Asian Championship pada 6-10 November 2019. Event ini akan diadakan di Stadion Pakansari, Bogor.

Pristiawan menjelaskan pertama kali menjadi tuan rumah pada 2001 di Senayan, Jakarta Selatan ketika masih di bawah Union Internationale des Associations d’Alpinisme (UIAA). Perhelatan kedua Asian Championship di Indonesia pada 2014 di Lombok.

Baca juga  5 Atlet Timnas Panjat Tebing Siap Berlaga di Kejuaraan Dunia di Xiamen, China

“Pada perhelatan itu, kita dapat juara. Pada 2001 kita juara bersama untuk lead. Ada enam juara satu saat itu. Atlet kita yang masuk Bayu dan Ronald, sedangkan pada 2014 kita dapat emas di boulder yaitu Aan Aviansyah,” ujar dia, Selasa (8/10/2019).

Kali ini Indonesia kembali menjadi tuan rumah. Untuk menjadi tuan rumah sebuah negara harus melakukan presentasi dalam momen IFSC plenary assembly. Untuk perhelatan kali ini Indonesia melakukan presentasi dalam plenary assembly di Manila, Filipina pada 2017.

Awalnya Asian Championship 2019 akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang. Namun, karena bencana puting beliung beberapa waktu lalu membuat sejumlah kerusakan di Jakabaring, rencana tersebut urung dilanjutkan. FPTI lantas memutuskan penyelenggaraan Asian Championship digeser ke Stadion Pakansari, Bogor.

Baca juga  Ada Food Festival di Stadion Pakansari Selama Asian Championship 2019